Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS Dengan Cepat dan Tepat

Tes Kompetensi Dasar (TKD) dilakukan secara tertulis dalam waktu 2,5 jam atau 150 menit. Setiap peserta diberikan 200 soal yang terdiri atas 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 50 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ini berarti setiap soal harus diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 menit atau 45 detik/soal. Begitu singkatnya waktu yang diberikan untuk menyelesaikan setiap soal TKD CPNS. Anda harus dengan cepat membaca dan memahami setiap soal supaya bisa tepat waktu menyelesaikannya. Lalu bagaimana caranya agar bisa mengerjakan tes cpns dengan cepat dan mendapatkan nilai tinggi tentunya. Berikut tips dan trik menjawab soal tes cpns dengan cepat dan tepat.

Persiapan Mental. Kita sering merasa khawatir ketika hendak mengerjakan soal tes atau ujian. Kekhawatiran menghadapi tes memiliki berbagai tingkatan, dari ringan sampai berat. Kekhawatiran bisa kronis (terjadi pada setiap tes tidak peduli seberapa penting tes itu), atau kekhwatiran akan tes bisa bersifat akut (hanya terjadi pada jenis tes atau ujian tertentu).

Kekhawatiran yang ringan dalam menghadapi tes atau ujian sebenarnya berita baik. Kekhawatiran ringan itu memacu hormon adrenalin kita sehingga menciptakan kewaspadaaan yang membuat anda lebih terfokus dalam menyelesaikan tes atau ujian. Konsentrasi tetap tinggi pada kondisi ini.

Kekhawatiran yang berada di atas ringan adalah kekhawatiran tingkat tinggi, kekhawatiran tingkat tinggi dapat mengakibatkan otak berhenti bekerja untuk sementara. Pernahkah kita mengalami kesulitan menjawab soal ketika mengerjakan tes atau ujian, tetapi setelah ujian selesai dan stres mereda, otak kita kembali aktif, jawaban itu menjadi jelas.

Penyebab munculnya kekhwatiran yang akan membuat kita stress tentunya harus dapat kita kenali, sehingga kita dapat merencanakan tindakan pencegahan sehingga terhindar dari kekhawatiran yang berlebih-lebihan. Untuk mencegah atau mengurangi kekhawatiran menghadapi tes dapat dilakukan dengan beberapa hal, yaitu:

  • Hindari belajar kilat dan belajar secara rutin untuk mempersiapkan diri
  • Latihan mengerjakan soal
  • Tidur istirahat yang cukup malam sebelum pelaksanaan tes atau ujian
  • Makan yang cukup dan benar
  • Bayangkan kesuksesan
  • Motivasilah diri anda dengan bahasa yang positif
  • Berolahraga

Persiapan Fisik. Dalam mengerjakan tes atau ujian selain faktor mental, tentunya juga dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu fisik. Akan berbeda tentunya orang yang mengerjakan tes atau ujian dalam keaadaan sehat fisiknya dan dalam keadaan sakit. Untuk itu faktor fisik ini harus juga menjadi perhatian, apabila kita ingin berhasil dalam tes atau ujian. Bayangkan anda belajar dengan giat siang dan malam untuk menghadapi tes masuk perguruan tinggi negeri, akan tetapi pada hari pelaksanaan ujian Anda terserang penyakit! Akankah anda akan optimal mengerjakan soal-soal dalam ujian tersebut? Untuk itu jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan tes atau ujian kita harus mempersiapkan fisik kita untuk tetap sehat.

Perbanyak Latihan. Setiap soal memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri. Sehingga apabila kita sering mengerjakan soal-soal dengan pola dan bentuk yang sama kita akan menjadi terbiasa dan relatif lebih mudah mengerjakannya. Pengalaman mengikuti ujian nasional SMA, misalnya, hanya sekali kita alami, akan tetapi kita tetap dapat mengenali karakteristik soal dengan mengerjakan soal-soal sejenis tahun-tahun sebelumnya. Semakin kita sering mengerjakan soal-soal tersebut maka, semakin terlatih kita mengerjakan soal-soal pada tes atau ujian nasional tersebut. Demikian juga pada tes atau ujian di sekolah. Kita dapat memiliki pengalaman mengerjakan tes atau ujian sekolah apakah itu ulangan umum, atau tes yang lainnya dengan berlatih mengerjakan soal-soal pada periode sebelumnya.

Kekuatan Do’a. Sesungguhnya dalam kata-kata doa yang kita panjtkan sesungguhnya di dalamnya terdapat energi yang dapat menggerakkan diri kita untuk menggapai doa yang kita panjatkan tersebut. Jika kita akan menghadapi ujian atau tes, maka biasakanlah memanjatkan doa pada Yang Maha Kuasa agar ujian atau tes kita akan jalani dapat kita lalui dengan sukses. Percayalah, doa-doa yang kita bacakan akan memberikan energi positif pada diri kita yang akan mendorong kita untuk giat belajar, dan merasa yakin bahwa kita akan sukses dalam menjalani tes atau ujian.

Bacalah Petunjuk Soal. Pada waktu mengerjakan soal-soal pada pelaksanaan tes atau ujian maka ada beberapa hal yang harus perhatikan agar saat mengerjakan soal tes atau ujian dengan baik. Pada saat-saat awal janganlah terpancing untuk langsung melihat soal dan mengerjakan soal. Anda harus membaca terlebih dahulu petunjuk pengsisian soal. Hal ini penting dilakukan agar tidak menyalahi perintah dari soal tersebut. Selain itu dengan membaca secara teliti, Anda menjadi lebih yakin karena tahu bagaimana akan mengerjakan soal-soal tersebut.

Setelah membaca dengan teliti petunjuk pengisian jawaban, maka kegiatan yang harus dilakukan adalah membaca soal dengan cepat (scamming). Membaca dengan cepat (scamming) sebenarnya biasa dilakukan apabila kita mencari nomor telepon pada buku telepon, atau mencari satu kata di kamus. Selain scamming, kita juga melihat soal secara sekilas atau scanning seperti kita membaca Koran. Kelompokkanlah soal yang telah dibaca secara cepat tadi pada kelompok soal yang termasuk sangat sulit, sulit, sedang, dan mudah.

Nilai ambang batas (Passing Grade) kelulusan Tes Kompetensi Dasar CPNS 2012:

Tingkat Pendidikan
Nilai Ambang Batas (Passing Grade)
Keterangan
SLTA/Sederajat 25

 

5

 

5

50 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

10 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)

10 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

DII/DIII/Sederajat 27,5

 

7,5

 

7,5

55 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

15 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)

15 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

SI/DIV, S2, S3 sederajat 30

 

15

 

10

60 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

30 jawaban benar dari 50 soal Test Intelegensia Umum (TIU)

20 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Manfaatkan Waktu Yang Ada. Kalau anda perhatikan nilai passing grade di atas, nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang paling tinggi. Jadi, saat mengerjakan soal, mulailah dari TKP, kemudian Tes Intelegensia Umum (TIU), dan yang terakhir baru Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Karena jika kita kerjakan secara berurutan, dapat dipastikan bahwa waktu kita akan habis.

Selain itu, yang perlu kita ketahui, pada umumnya, di TKP soal-soal yang muncul selalu ada hubungannya dengan pimpinan di tempat kerja, hubungan dengan rekan kerja, organisasi, pengambilan keputusan terhadap suatu masalah yang kita hadapi. Jadi, bijaklah dalam memilih. Dan sebenarnya soal-soal tersebut saling terkait, misalnya pada soal nomor 68 membahas mengenai organisasi, maka pada beberapa soal berikutnya (misalnya nomor 76) juga membahas organisasi, jadi antara jawaban 68 dan 76 jangan sampai bertentangan atau bertolak belakang. Sebagai contoh, di nomor 68, kita setuju perubahan dalam organisasi, namun, pada nomor 76 kita benci organisasi, tentu saja ini menjadi masalah tersendiri.

Catatan Penting. Keberhasilan menghadapi tes atau ujian tentunya harus dipersiapkan dengan baik, mulai dari sebelum tes, serta pada saat tes berlangsung. Untuk persiapan sebelum tes, meliputi persiapan mental seperti mengatur rasa khawatir yang muncul, kemudian berdoa, serta persiapan fisik seperti berolahraga, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Sedangkan persiapan ketika tes berlangsung meliputi, latihan soal, mengenali bentuk-bentuk soal, dan mempelajari teknik-teknik mengerjakan soal seperti scamming, ataupun scanning.

Banyak orang yang mempunyai predikat sebagai orang pandai akan tetapi gagal dalam menghadapi suatu ujian atau tes. Hal itu disebabkan oleh faktor persiapan yang kurang baik, mereka memandang mengerjakan tes merupakan hal yang biasa sehingga tidak terlalu penting mempersiapkan diri menghadapi tes atau ujian tersebut.

Dengan mempersiapkan diri menghadapi tes atau ujian sesungguhnya membuat kita lebih yakin bahwa kita akan bisa mengerjakan tes atau ujian dengan baik. Keyakinan inilah kemudian yang menggerakkan energi yang ada pada diri kita untuk berupaya mengerjakan tes atau ujian dengan baik.

Sumber:

  • http://www.pengumumancpns.com
  • http://www.imranxrhia.com

Incoming search terms:

  • cara mengerjakan soal ujian nasional sekolah dasar dengan cepat mudah dan tepat
  • tip trik pengisian ljk
  • tips mengerjakan karakteristik pribadi
  • trik menjawab soal cpns
  • trik menjawab soal-soal cpns
Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

One Response to “Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS Dengan Cepat dan Tepat”

  1. Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS Dengan Cepat dan Tepat | Info CPNS 2013…

    Tes Kompetensi Dasar (TKD) dilakukan secara tertulis dalam waktu 2,5 jam atau 150 menit. Setiap peserta diberikan 200 soal yang terdiri atas 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 50 soal Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 100 soal Tes Karakteristik Pribad…

Leave a Reply