Tes Pengangkatan Tenaga Honorer K2 Diadakan Juni 2013

Rencana dan strategi pengangkatan Tenaga Honorer Kategori 2 (TH K-2) itu dipaparkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Azwar Abubakar kemarin (16/10). Jumlah tenaga honorer kini tinggal 562.095, mereka siap diangkat sebagai CPNS tahun depan jika lulus seleksi.

Secara garis besar, rencana pengangkatan TH K-2 tersebut dimulai bulan ini dengan agenda penyusunan daftar TH K-2 di instansi pusat maupun daerah oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Puncaknya berlangsung pada Juni 2013, yaitu tahap Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Setelah ujian selesai, akan diumumkan nama-nama TH K-2 yang berhasil melampaui passing grade. Nama-nama mereka kemudian disimpan dan akan dikombinasikan dengan formasi dan alokasi yang ditetapkan pada Agustus 2013. Proses itu ditutup dengan pengiriman NIP dan penetapan SK CPNS pada Desember 2013.

Terdapat perbedaan mendasar dalam pengangkatan CPNS dari kelompok TH K-2 ini. Dijelaskan, biasanya formasi CPNS ditentukan sebelum ujian. Tetapi, untuk TH K-2 ini, ujian dulu, baru dirancang formasi dan persebaran atau penempatan mereka. Upaya tersebut dilakukan karena jumlah TH K-2 masih cukup banyak. Selain itu, potensi banyaknya yang tidak lolos TKD nanti menjadi pertimbangan.

Jadi, TH K-2 yang lulus ujian belum tentu diangkat. Karena bergantung pada berapa besar formasi yang ditentukan nanti. (JP, 17/10)

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

Leave a Reply