Tahun 2013 BKD Kota Bekasi Usulkan 1.248 TKK Jadi CPNS

Pada tahun 2013 Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bekasi mengusulkan 1.248 tenaga kerja kontrak (TKK) setempat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kota Bekasi. Jumlah TKK yang diusulkan merupakan hasil analisis jabatan yang diproyeksi hingga lima tahun ke depan.

“Analisis yang kami buat dilakukan dengan mempertimbangkan kebutuhan personel untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Posisi-posisi lowong yang akan ditinggalkan PNS karena pensiun pun turut diperhitungkan,” kata Pelaksana Tugas Kepala BKD Kota Bekasi Padlin Kamal, Minggu (26/8).

Menurut Padlin, para TKK yang diusulkan tersebut berasal dari jajaran Dinas Pendidikan dan Sekretariat Daerah Kota Bekasi. Pemberkasan mereka sudah disampaikan pada Badan Kepegawaian Nasional dan tinggal menunggu hasil seleksi serta validasi.
Lebih lanjut Padlin merinci, saat ini pegawai yang mengabdi di Pemerintah Kota Bekasi sebanyak 14.000 orang. Dengan asumsi penduduk Kota Bekasi saat ini sebanyak 2,4 juta jiwa, maka rasio perbandingan aparatur dan masyarakat ialah 1:176.

“Memang belum ada standar ideal yang sudah ditetapkan secara umum. Namun dengan rasio sebesar itu, kemampuan seorang aparatur untuk melayani masyarakat tidak akan sebanding, sehingga hasilnya tak maksimal,” kata Padlin.
Ia pun menyebutkan dua sektor utama yang sangat kekurangan aparatur, yakni pendidikan dan kesehatan. Dua sektor yang merupakan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat ini mensyaratkan tenaga yang lebih banyak.

“Oleh karena itu, mayoritas TKK yang kami usulkan untuk diangkat menjadi CPNS tahun depan kebanyakan merupakan tenaga pendidik dan kesehatan. Apalagi jika RSUD Kota Bekasi telah ditingkatkan kapasitas pelayanannya, tentu membutuhkan tenaga yang lebih banyak lagi,” katanya.

Jika TKK yang diusulkan ada yang dinilai tidak memenuhi kualifikasi pendidikan yang disyaratkan, menurut Padlin, bukan tidak mungkin Pemerintah Kota Bekasi membuka penerimaan CPNS secara terbuka begitu berakhirnya masa moratorium. (Pikiran Rakyat)

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

Leave a Reply