Kunci Sukses Tenaga Honorer K2 Adalah Pada Tes Karakteristik Pribadi

Bagi kawan-kawan honorer semua, sebentar lagi anda akan menempuh ujian CPNS untuk tenaga honorer Kategori 2. Nah dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan pendapat saya tentang kunci sukses tenaga honorer K2 agar dapat lolos dari ambang batas nilai untuk dapat diangkat menjadi CPNS . Yah, saya prediksi persaingan akan sangat ketat karena formasi yang tersedia tidak banyak. Jadi hanya akan diambil 30% saja.

Menurut saya Kunci agar sukses menjadi CPNS jalur K2 adalah mempunyai nilai Tes Karakteristik Pribadi yang bagus, kalau bisa sempurna. Kenapa saya berkata seperti itu, karena standar untuk tes karakteristik pribadi adalah harus benar separuhnya. Untuk tes yang lain tidak setinggi pada tes karakteristik pribadi. Jadi anda perlu mempersiapkan diri untuk materi yang satu ini.

Sebenarnya apa sih tes karakteristik pribadi itu, menurut yang saya kutip dari A Pen Blog Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah penamaan yang dipakai pada Tes Kepribadian CPNS. Pada Tes CPNS penyebutan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) hanya dipakai pada proses penilaian dan ketentuan-ketentuan lain dalam proses Tes CPNS sedangkan pada naskah soal masih disebut (ditulis) dengan Tes Kepribadian. Dalam proses Seleksi/Tes CPNS, Tes Kepribadian juga bukanlah sesuatu yang baru akan tetapi selama ini Tes Kepribadian menggunakan ‘nama’ yang berbeda mulai dari Tes Psikologi Lanjutan sampai Tes Skala Kematangan.
Tes Skala Kematangan adalah bagian atau salah satu bentuk dari Tes Kepribadian, yaitu Tes Kepribadian yang berfungsi untuk mendeteksi tingkat kematangan peserta tes, yang mencakup : kemampuan beradaptasi; pengendalian diri; semangat berprestasi; integritas dan inisiatif.

Sesuai dangan ketentuan Badan Kepagawaian Negara (BKN), Tes Kempetensi Dasar (TKD) CPNS bertujuan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif. Maka Tes kepribadian yang digunakan dalam Tes Karakteristik Pribadi CPNS adalah Tes Skala Kematangan itu sendiri dengan ‘nama’ yang berbeda ‘Tes Karakteristik Pribadi’.

Nah, untuk tes skala kematangan ini anda bisa belajar dari buku, mungkin dari teman, sahabat atau mungkin di tempat kerja anda, atau anda dapat juga mendapatkanya secara online dari internet.

Sumber:

http://wb-sekolah.blogspot.com/

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

One Response to “Kunci Sukses Tenaga Honorer K2 Adalah Pada Tes Karakteristik Pribadi”

  1. alhamdulillah saya lulus jadi pns

Leave a Reply