Cara Pendaftaran Tes CPNS 2013 Kementerian Luar Negeri RI

Pembaca setia Blog Info CPNS 2013, bagi anda seorang lulusan Sarjana (S-1), Master/Magister (S-2) atau Doktor (S-3) dan berminat untuk menjadi Calon PNS di lingkungan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI), sekaranglah waktunya untuk mewujudkannya. Pada kesempatan kali ini kami ingin menyampaikan informasi cara pendaftaran tes CPNS 2013 Kementerian Luar Negeri RI. Sebenarnya pendaftarannya sudah dimulai sejak tanggal 03 September 2013 kemarin, dan kemungkinan ada diantara anda semua yang belum mengetahui cara pendaftarannya. Berikut langkah-langkah selengkapnya yang kami kutip dari website resmi e-CPNS Kemenlu RI.

Cara Pendaftaran:

a. Melakukan registrasi online melalui situs https://e-cpns.kemlu.go.id mulai tanggal 3 September 2013 dan mencetak formulir registrasi beserta pernyataan menyetujui ketentuan dan syarat yang ditetapkan.
b. Di samping melakukan registrasi online, pelamar wajib mengirimkan berkas lamaran kepada Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013 melalui Pos Tercatat mulai tanggal 3 September 2013 (CAP POS) dan berakhir pada tanggal 17 September 2013 (CAP POS), serta sudah harus diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 20 September 2013, ditujukan kepada:

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Kemlu T.A. 2013

UNTUK PDK (DIPLOMATIK DAN KONSULER): PO BOX 2971 JKP 10029
UNTUK PKKRT (PENATA KEUANGAN DAN KERUMAHTANGGAAN PERWAKILAN): PO BOX 2972 JKP 10029
UNTUK PK (PETUGAS KOMUNIKASI): BOX 2973 JKP 10029

c. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran dan mendaftar hanya untuk satu kategori seleksi PDK, PKKRT, atau PK.
d. Registrasi online baru akan diproses setelah Panitia menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui P.O. BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya.
e. Dokumen yang harus disampaikan bersamaan dengan berkas lamaran adalah sebagai berikut:

  • Formulir Registrasi yang dapat diunduh pada situs https://e-cpns.kemlu.go.id;
  • Surat Pernyataan Menyetujui Ketentuan dan Syarat yang telah dicetak dibubuhi meterai Rp. 6.000,00;
  • Fotokopi KTP yang masih berlaku/Fotokopi Paspor dan izin tinggal yang masih berlaku bagi Pelamar dari luar negeri;
  • Daftar Riwayat Hidup terakhir sesuai dengan format yang telah disediakan (unduh format Daftar Riwayat Hidup di sini).
  • Satu lembar fotokopi ijazah (D-3, S-1, S-2 atau S-3) berikut transkrip nilai yang sudah dilegalisasi (cap basah dan tanda tangan asli). Pejabat yang berwenang mengesahkan fotokopi ijazah dapat dilihat di sini. Untuk lulusan universitas luar negeri wajib melampirkan Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara tidak diterima). Catatan: bagi lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak berskala 4 harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan skala 4.
  • Fotokopi Akte Kelahiran;
  • Fotokopi tanda pencari kerja (kartu kuning Kemenakertrans) yang masih berlaku. Bagi pelamar dari luar negeri dan belum memiliki kartu tanda pencari kerja, dapat menyerahkan kartu tanda pencari kerja pada tahap ujian wawancara substansi/ tes psikologi;
  • Pas foto terakhir ukuran 4×6 cm (berwarna) sesuai dengan kriteria foto sebanyak 3 lembar. Harap tuliskan nama Pelamar di bagian belakang foto (lihat kriteria foto di sini).

f. Dokumen yang harus disampaikan pada tahap ujian wawancara substansi/ tes psikologi sebagai berikut:

  • Asli surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta tidak mengkonsumsi/ menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya terbaru (3 bulan terakhir), tidak buta warna, keterangan tidak hamil, yang dikeluarkan oleh dokter.
  • Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);

g. Lamaran beserta lampiran tersebut pada butir (e) disusun rapi sesuai urutan di atas dalam map kertas jepit berlubang dengan warna:

  • Biru untuk Pelamar PDK berijazah S–1;
  • Kuning untuk Pelamar PDK berijazah S–2;
  • Putih untuk Pelamar PDK berijazah S–3;
  • Hijau untuk Pelamar PKKRT; dan
  • Merah untuk Pelamar PK.

h. Map lamaran beserta lampiran dimasukkan kedalam amplop warna coklat. Pada pojok kiri atas amplop agar ditempelkan potongan barcode yang dapat diperoleh setelah mengunduh formulir registrasi.
i. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
j. Berkas lamaran yang diterima Panitia menjadi milik Panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh Pelamar.
k. Pelamar diminta untuk tidak melampirkan dokumen-dokumen lain selain yang tersebut pada butir e.

Article Global Facebook Twitter Myspace Friendfeed Technorati del.icio.us Digg Google StumbleUpon Eli Pets

Leave a Reply